Rabu, 06 Maret 2013

Tempat Wisata Jalan Jalan di Palembang Sumatera Selatan




Gelora Sriwijaya Palembang



Jembatan Ampera Palembang Sumsel
Kuil Pulau Kemaro
Benteng Kuto Besak Palembang

Sungai Musi Palembang
Palembang, Sumatera Selatan, memang bukan cuma Sungai Musi dan megahnya Jembatan Ampera. Masih banyak tempat wisata keren dan wajib dikunjungi. Pembaca setia Bajalana Wisata Indonesia ada memilih 5 Tempat Wisata berikut ini.

Tempat Wisata di Palembang yang menjadi favorit para Bajalanan Wisata


1. Jembatan Ampera (26,2 persen)

Sebagai landmark, Jembatan Ampera memang diidolakan banyak wisatawan. Sebanyak 26,2 persen Para Traveler memilihnya, sehingga jembatan yang memiliki panjang 1.117 meter serta lebar 22 meter ini bertengger di peringkat nomor satu mengalahkan berbagai destinasi di Palembang.

Jembatan Ampera diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1965 dan terbesar se-Asia Tenggara pada masanya. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Tak hanya jadi alat penghubung, Ampera kini sudah berubah menjadi destinasi yang keren.

"Jembatan Ampera adalah Ikon Kota Palembang  Kalau ke Palembang tidak ke sini, berarti belum ke Palembang," 


Arsitekturnya yang cantik serta beralaskan Sungai Musi, menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto. Keindahan Jembatan Ampera akan terasa sempurna saat malam hari. Puluhan lampu yang cantik akan menghiasi jembatan ini. Dijamin, Anda akan terpana dibuatnya.

Saat lapar, di sekitar Sungai Musi dapat menjadi tujuan wisata kuliner Anda. Ada berbagai menu khas Palembang, seperti pempek, celimpungan, pindang patin, dan masih banyak lagi makanan lezat lainnya.



2. Pulau Kemaro (22,9 persen)

Saking lebarnya Sungai Musi, sampai-sampai di tengahnya ada sebuah pulau yang cukup besar. Pulau ini dikenal dengan nama Kemaro atau Kemara. Nama tersebut diambil karena walaupun berada di tengah sungai, tapi pulau ini tidak pernah banjir atau selalu kamerau.

Pulau Kemaro memang mendapatkan tempat tersendiri di hati wisatawan. Pulau ini berada di urutan nomor dua karena dipilih oleh 22,9 persen Para Traveler. 

Salah satunya wisatawan yang memilih Pulau Kemaro .Di Palembang yang paling keren yaitu Pulau Kemaro.disana ada kuil yang  Bentuknya Seperti Pagoda Berasal di negeri China.


Memang benar, jika datang ke pulau ini, nuansa Tionghoa terasa begitu kental, cocok untuk salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi menjelang Imlek mendatang. Hal ini bisa dilihat dari adanya pagoda besar dan klenteng. Selain itu, Pulau ini juga punya pohon cinta dan makam Siti Fatimah, mantan putri Raja Palembang.

Klenteng yang berada di Pulau Kemaro bernama Klenteng Hok Tjing Rio. Warna klenteng yang merah menantang di antara pepohonan hijau, membuatnya mudah ditemukan. Jika berjalan ke sisi lain pulau, Anda bisa menemukan pagoda 9 lantai. Pagoda inilah yang menjadi daya tarik Pulau Kemaro. Pagoda ini dibangun pada tahun 2006. Saking tingginya, membuat pagoda tersebut tampak sangat menjulang di tengah pulau.

3. Benteng Kuto Besak (16,3 persen)

Seakan tak ingin melupakan sejarah, Para Traveller juga memilih Benteng Kuto Besak sebagai salah satu destinasi favorit. Sebanyak 16,3 persen Para Traveler Bajalanan Indonesia memilihnya sehingga berada di urutan ketiga.

Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Adanya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, atau sekitar 1,5 km sebelah barat laut Jembatan Ampera. Selain gedung tua yang masih megah, wisatawan sudah pasti bisa menyaksikan indahnya Sungai Musi, karena Benteng Kuto Besak berada di tepiannya.

Saat sore hari, pemandangan makin indah. Sunset yang berkilauan di permukaan sungai terlihat makin sempurna dengan hiasan Jembatan Ampera di dekatnya,  "Menikmati senja di Benteng Kuto Besak, dengan sang maskot Jembatan Ampera .

4. Sungai Musi (9,8 persen)

"Habis berkunjung ke Pulau Kemaro naik perahu sampai ke Jembatan Ampera muterin Sungai Musi,"

Benar saja, usai ke Pulau Kemaro dan ke Benteng Kuto Besak, kini saatnya berkeliling Sungai Musi. 9,8 persen para Traveler juga setuju akan hal tersebut. Sungai Musi memang bukan hanya sekadar jalur transportasi bagi masyarakat Palembang. Sungai yang memiliki panjang 750 km ini juga menjadi destinasi wisata wajib kalau Anda traveling ke Kota Pempek. 

Cara asyik menikmati pemandangan Sungai Musi adalah dengan cara menyusurinya dengan ketek, yaitu perahu kayu tradisional khas Palembang. Ketek ini bisa Anda temui di dermaga kecil di bawah Jembatan Ampera. Tak perlu khawatir soal tarifnya, karena harga yang diajukan penjual masih bisa ditawar. Semakin pintar menawar, tentu semakin murah pula biayanya.

5. Gelora Sriwijaya (4 persen)

Kalau Jakarta punya Gelora Bung Karno, maka Palembang juga punya Gelora Sriwijaya di Jakabaring. Lokasi yang digunakan sebagai sentra olahraga di Palembang ini ternyata juga menjadi tujuan wisata favorit para turis. Sebanyak 4 persen Para Traveler memilih Gelora Sriwijaya, Jakabaring sebagai salah satu tujuan mereka saat traveling ke Palembang.

"Jangan lupa ke Jakabaring dan sekitarnya, ada arena berbagai cabang olahraga bertaraf internasional.

Selain menjadi pusat olahraga, ternyata kawasan ini juga digunakan sebagai tempat berwisata. Di sini ada sebuah danau yang biasa menjadi lokasi bersantai para turis lokal.

"Di Palembang Para Kakawalan Bajalanan Indonesia ada Stadion Megah yaitu Stadion Jakabaring .


Danau ini menjadi salah satu venue untuk cabang olahraga ski air pada Sea Games tahun 2011 lalu. Di sekitarnya terdapat bangku-bangku taman yang asyik untuk nongkrong di sore hari. Selain bisa menikmati pemandangan danau yang asri, Anda juga bisa olahraga sambil berlari-lari kecil di sekelilingnya. 

Terlepas dari 5 destinasi di atas, masih ada lagi beberapa tempat wisata favorit para Bajalanan Indonesia. Ada tempat wisata kuliner Pempek Saga Sudi Mampir, lokasi untuk wisata religi Masjid Agung Palembang, dan tempat wisata alam Punti Kayu yang masing-masing dipilih sebanyak 3,2 Para Traveller.

Kemudian ada juga Mie Celor 26 Ilir, sentra pembuatan songket Tanggo Buntung, Pagar Alam, Kambang Iwak, dan Kampung Kapitan yang masing-masing dipilih sebanyak 1,6 persen . Dari sekian banyak destinasi yang telah dipilih, tempat wisata apa yang Anda favoritkan di Palembang?




Keyword : Tempat Wisata Palembang Sumatera Selatan

Kutipan 
Sumber By http://travel.detik.com/read/2013/02/07/172214/2164141/1383/2/5-tempat-wisata-di-palembang-pilihan-anda

1 komentar:

  1. Mau liburan atau coba travelling ke Bangka Belitung.
    http://aderiorental.com

    BalasHapus